"Selamat Datang Di Blog Saya"




Jumat, 06 April 2012

Museum Geologi Bandung


           Museum yang didirikan pada tanggal 16 Mei 1928. Museum Geologi terletak di Jalan Diponegoro, tidak jauh dari Gedung Sate. Dari sini dapat diperoleh berbagai informasi yang berhubungan dengan masalah kegeologian. Di antara benda-benda yang menjadi koleksinya adalah fosil tengkorak manusia pertama di dunia , fosil-fosil kerangka binatang pra-sejarah, batu bintang seberat 156 kg yang jatuh pada 30 Maret 1884 di Jatipelangon, Madiun. Sebagai sebuah monumen bersejarah, museum ini dianggap sebagai peninggalan nasional dan berada di bawah perlindungan pemerintah. Museum ini menyimpan dan mengelola materi geologi yang berlimpah, seperti fosil, batuan, mineral, yang dikumpulkan selama kerja lapangan di Indonesia sejak 1850.
Museum geologi awalnya berfungsi sebagai laboratorium dan tempat penyimpanan hasil penyelidikan geologi dan pertambangan dari berbagai wilayah Indonesia lalu berkembang lagi bukan saja sebagai sarana penelitian namun berfungsi pula sebagai sarana pendidikan, penyedia berbagai informasi tentang ilmu kebumian dan objek pariwisata.
Di Museum Geologi ini terdapat 2 lantai yang mempunyai fungsi yang berbeda-beda tiap ruangnya, yaitu:
Lantai 1 dibagi menjadi tiga ruang utama, yaitu :
·         *Ruang Orientasi
Ruangan ini disebut juga ruang Geologi Indonesia berisi tentang fosil-fosil, peta geografi, batu-batuan dan hipotesis. Berikut adalah salah satu koleksi di Museum Geologi :
Fosil Tyrex di Museum Geologi Bandung
·         *Ruang Sayap Barat
Ruangan ini juga disebut dengan ruang Kegunung Apian, karena berisi tentang macam-macam gunung api di Indonesia.
·         *Ruang Sayap Timur
Ruangan ini berisi tentang sejarah pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup, dari primitif hingga modern,fosil hewan dan manusia purba.
Lantai 2 dibagi menjadi tiga ruang utama, yaitu :
·         Ruang Tengah
Ruangan ini hanya dipakai oleh staf museum.
·         *Ruang Barat
Ruangan ini digunakan untuk memperagakan kehidupan manusia.
·         *Ruang Timur
Ruangan ini berisi maket pertambangan emas di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar